KPU Bengkulu Selatan Tetap 281 DCT Anggota DPRD Pemilu 2019 | Liputan 24 Bengkulu
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

KPU Bengkulu Selatan Tetap 281 DCT Anggota DPRD Pemilu 2019

Posted by On 10:43 PM

KPU Bengkulu Selatan Tetap 281 DCT Anggota DPRD Pemilu 2019

Usmin / CAH Jumat, 21 September 2018 | 11:24 WIB

Bengkulu - KPU Bengkulu Selatan, menetapkan sebanyak 281 bacaleg masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) calon anggota DPRD dari sejumlah parpol peserta Pemilu 2019 di daerah ini. Penetapan DCT anggota DPRD Bengkulu Selatan, Pemilu 2019 tersebut, dilaksanakan melalui rapat pleno KPU setempat, yang dihadiri wakil dari parpol peserta pemilu di daerah ini, Kamis (20/9).

Anggota KPU Bengkulu Selatan, Roseka Yanti mengatakan, awalnya jumlah bacaleg yang masuk DCS anggota DPRD setempat sebanyak 282 orang, tapi setelah dilakukan verifikasu ulang ada satu bacaleg yang tidak memenuhi syarat (MTS), sehingga total bacaleg yang lolos DCT Pemiul 2019 hanya sebanyak 281 orang.

Bacaleg yang tidak masuk DCT anggota DPRD Bengkulu Selatan tersebut, atas nama Liswan Haw ardi bacaleg dari Dapil I dari PDIP. Bacaleg dari PDIP ini dinyatakan TMS karena tidak melengkapi syarat yang kurang sampai batas waktu yang tidak ditentukan KPU berakhir.

Adapun syarat kurang yang tidak dilengkapi bacaleg dari PDIP tersebut, antara lain surat keterangan dari pengadilan dan surat keterangan dari media masa yang mengumumkan status bacaleg tersebut.

Sebab, Liswan Hawardi sempat bersandung kasus hukum ketika masih aktif menjadi PNS di Bengkulu Selatan. "Kedua surat yang kita minta tidak diserahkan oleh yang bersangkutan ke KPU Bengkulu Selatan, sampai batas waktu yang kita tentukan berakhir, sehingga terpaksa bacaleg tersebut kita gugurkan," ujarnya.

Roseka menambahkan, jika bacaleg bersangkutan keberatan atas keputusan KPU Bengkulu Selatan, yang menggugurkannya tidak masuk DCT anggota DPRD setempat Pemilu 2019, dipersilakan untuk mengajukan gugatan ke Bawaslu setempat.

"Silakan bacaleg yang kita TMS-kan alias tidak masuk DCT anggota DPRD Bengkulu Selatan, untuk menggugat ke Bawaslu setempat. Kita siap menghadapi gugatan bila tidak puas atas keputusan KPU tersebut," ujarnya.

Selain Bengkulu Selatan, KPU Kabupaten Mukomuko juga menetapkan sebanyak 327 orang menjadi DCT anggota DPRD Pemilu 2019 di daerah setempat. Satu bacaleg dari Partai Demokrat tidak masuk DCT karena mengundurkan diri.

Ketua KPU Mukomuko, Arsyad Kamaludin mengatakan, dari 328 bacaleg yang masuk DCS, yang dinyatakan lulus masuk DCT sebanyak 327 orang, satu bacaleg dari Partai Demokrat mengundurkan diri.

"Jadi, total bacaleg di Mukomuko yang masih DCT Pemilu 2019 sebanyak 327 orang, mereka tersebar di sejumlah dapil di daerah ini. DCT anggota DPRD Mukomuko ini, akan kita sampaikan ke masyarakat melalui media cetak dan elektronik serta diumumkan di tempat-tempat strategis di daerah ini," ujarnya.

Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memberikan tanggapan atas daftar DCT anggota DPRD Muk omuko yang akan dipilih pada Pemilu 2019 mendatang. "KPU siap menerima masukan dari masyarakat terhadap DCT anggota DPRD Mukomuko yang kita sahkan tersebut," ujarnya


Sumber: Suara PembaruanSumber: Berita Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »