Pariwisata Bengkulu Butuh Peran Stakeholder | Liputan 24 Bengkulu
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pariwisata Bengkulu Butuh Peran Stakeholder

Posted by On 11:56 PM

Pariwisata Bengkulu Butuh Peran Stakeholder

danau (1)
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress â€" Untuk memajukan industri Pariwisata di Bengkulu dibutuhkan peran serta para stakeholder pendukung seperti Pelaku Industri kuliner dan perhotelan. Hal tersebut dilakukan agar Pariwisata di Provinsi Bengkulu mampu mendongkrak ekonomi daerah.

“Dengan pariwisata di Bengkulu melibatkan stakeholder terkait seperti pelaku industri perhotelan dan kuliner maka industri pariwisata di Bengkulu akan maju,” ungkap Ketua BPD PHRI Bengkulu, Sony Adnan, kemarin (25/7).

Hal tersebut menjadi penting mengingat dalam membangun industri pariwisata di Bengkulu sangat berkaitan erat dengan bidang lainnya seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perhotelan. “Oleh karena itu diperlukan kebe rsamaan dan pembinaan,” kata Sony.

Lebih jauh Sony meminta, seluruh perangkat daerah di Bengkulu, agar membuka pikirannya dalam rangka pengembangan industri pariwisata Bengkulu. Pasalnya, UKM dan Perhotelan diyakini yang bisa membangun Bengkulu, agar menjadi lebih baik.

“Dalam membangun industri pariwisata juga perlu penekanan adat istiadat dan budaya setempat. Dicontohkan, jika setiap hotel di Bengkulu memajang ornament Batik Besurek, baru kami dinilai ada kesungguhan membangun industri pariwisata dengan penekanan nilai-nilai kedaerahan,” terang Sony.

Disamping itu ditambahkan Sony, membangun industri pariwisata Bengkulu ini juga perlu didukung adanya sebuah payung hukum, dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Gubernur (Pergub). Pasalnya, pelaku usaha perhotelan di Bengkulu sekarang ini, hanya mengacu pada standar usaha jasa pelayanan perhotelan, Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. 53 tahun 2013 .


“Tekad kita untuk menjadikan Pariwisata Bengkulu berkualitas dan berkarakter. Sehingga dunia usaha perhotelan dan kuliner serta kerajinan daerah, bisa berkualitas dan memiliki daya saing di tingkat nasional,” tutupnya.

Anggota DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu, Hj Dewi Coryati MSi mengatakan, dengan adanya sinergi antara stakeholders dalam pengembangan pariwisata maka akan mampu meningkatkan daya saing industri pariwisata di Bengkulu. Tetapi semua itu tidak akan terwujud tanpa pengelolaan pariwisata yang juga baik. “Untuk itu Pariwisata Bengkulu juga harus dibuat semenarik mungkin agar pihak luar menarik juga, jangan sampai jenuh ke Bengkulu,” tukasnya.(999)

=

Sumber: Berita Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »